Riset Hosting Web: Cara Memilih Host Web Untuk Kebutuhan Anda


Riset web hosting umumnya akan diperlukan jika Anda mencoba mencari tahu cara memilih host web untuk kebutuhan Anda. Setiap layanan hosting memiliki berbagai fitur sendiri untuk ditawarkan kepada Anda, dan meskipun Anda tidak ingin membayar untuk fitur dan layanan yang tidak akan pernah Anda gunakan, Anda memerlukan beberapa tingkat fleksibilitas jika situs web Anda lepas landas.



Tidak hanya ada banyak sekali layanan web hosting di luar sana, tetapi masing-masing juga dapat menawarkan sejumlah opsi mulai dari situs web domain tunggal sederhana hingga opsi pengecer yang dapat Anda gunakan untuk mengatur bisnis hosting Anda sendiri.


Rahasia sukses riset web hosting adalah memahami ambisi Anda sendiri, seberapa realistis mereka dan di mana Anda ingin memulai dan mengakhiri. Anda kemudian dapat memilih layanan yang menawarkan titik awal yang murah dan sederhana, tetapi juga dapat memungkinkan Anda untuk berkembang dengan mulus seiring dengan berkembangnya bisnis online Anda.


Harga seharusnya tidak menjadi pertimbangan pertama Anda karena layanan web hosting yang murah atau sangat mahal tidak banyak berguna bagi Anda jika gagal memenuhi semua kebutuhan Anda atau terlalu melebihi kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa opsi yang harus Anda pertimbangkan ketika melakukan riset web hosting Anda.


1. Ruang Disk


Ruang disk adalah jumlah penyimpanan hard disk yang ditawarkan host Anda. Ini pada gilirannya akan membatasi jumlah file yang dapat Anda simpan di ruang web Anda. Jika Anda menggunakan banyak grafik, file-file ini dapat memakan banyak ruang penyimpanan. Apa pun yang kurang dari tak terbatas harus diperiksa dengan cermat jika mereka memiliki fitur-fitur penting lainnya yang tidak ditawarkan oleh opsi lainnya. Namun, secara umum, sebagian besar pengguna harus memilih penyimpanan ruang web tak terbatas.


2. Bandwidth


Istilah bandwidth mengacu pada jumlah data yang diizinkan untuk Anda unggah atau unduh dalam periode waktu tertentu. Sebagian besar layanan hosting saat ini akan menawarkan bandwidth tak terbatas.


3. Beberapa Domain


Dimungkinkan untuk menjalankan sejumlah situs web dari satu akun. Add-on domain memungkinkan Anda untuk membeli beberapa nama domain dan menjalankannya dari direktori mereka sendiri sebagai situs web yang benar-benar unik. Jadi, Anda dapat memiliki, misalnya, 5 nama domain yang berbeda, dan menjalankannya sebagai 5 situs web yang berbeda menggunakan satu akun web hosting. Carilah 'domain tak terbatas' - apa pun yang kurang akan membatasi Anda.


4. Perangkat Lunak Pembuat Situs


Bagi mereka yang tidak, atau tidak dapat, menggunakan perangkat lunak pembuat situs web seperti Dreamweaver atau FrontPage, perangkat lunak pembuat situs akan sangat penting. Sistem seperti itu adalah editor HTML yang umumnya juga menawarkan fungsionalitas WYSIWYG, memungkinkan Anda untuk membangun situs Anda sendiri. Sebagian besar juga menawarkan sistem berbasis templat, di mana Anda dapat memodifikasi templat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Bahkan mereka yang fasih dengan HTML menemukan paket seperti itu berguna untuk memodifikasi dan memperluas halaman web yang ada.


5. Analisis Lalu Lintas


Layanan hosting yang baik harus menawarkan analisis lalu lintas yang menginformasikan statistik lalu lintas Anda: berapa banyak pengunjung yang Anda miliki untuk setiap halaman, berapa lama mereka tinggal di setiap halaman dan halaman mana yang paling populer. Statistik yang berguna untuk dimiliki adalah halaman masuk dan keluar yang paling populer di situs Anda, sehingga Anda dapat mengoptimalkan halaman yang pertama dan meningkatkan halaman yang terakhir.


6. Jaminan Uptime


Anda tidak ingin menghabiskan waktu menunggu layanan Anda online sebelum Anda dapat mengakses situs web Anda. Jaminan uptime minimal 99,7% dapat diterima, tetapi 99,9% akan lebih baik. Itu berarti bahwa untuk setiap 1.000 jam, akan ada satu jam ketika situs web Anda offline.


7. Layanan Email


Anda akan memerlukan layanan email untuk digunakan dengan situs web Anda, dan juga satu untuk setiap domain tambahan Anda. Host web Anda mungkin menawarkan alamat email tak terbatas, meskipun ini tidak diperlukan kecuali Anda memerlukan layanan reseller. Anda akan beruntung jika Anda dapat melayani 50 alamat email apalagi ratusan. Apa yang harus Anda cari adalah proteksi spam dan webmail. Yang pertama akan membantu menyaring spam sesuai dengan aturan yang dapat Anda tetapkan sendiri, sementara webmail memungkinkan Anda untuk menggunakan layanan seperti Outlook atau Eudora untuk memeriksa semua email Anda dari semua situs Anda menggunakan satu layanan webmail.


8. Dukungan Pelanggan


Dukungan pelanggan sangat penting, dan jika Anda bisa mendapatkan dukungan langsung melalui telepon maka semakin baik. Sebagian besar menawarkan sistem dukungan email sementara beberapa mungkin juga menyediakan layanan obrolan langsung. Layanan ini harus bebas pulsa, dan sebaiknya buka 24/7 sehingga dapat digunakan dari mana saja di dunia kapan saja.



9. Skrip dan Perangkat Lunak


Ketika melakukan riset untuk layanan terbaik untuk Anda, Anda harus memastikan bahwa Anda memahami skrip tambahan dan layanan perangkat lunak apa yang ditawarkan. Misalnya, MySQL adalah sistem basis data pribadi yang penting untuk menjalankan banyak aplikasi perangkat lunak yang melibatkan pengumpulan data. Dukungan PHP dan CGI/Perl diperlukan seperti halnya Java dan Flash.


Jika Anda mendaftar dengan layanan yang beroperasi menggunakan sistem panel kontrol cPanel, maka semua itu sudah termasuk. CPanel juga menawarkan banyak layanan lain seperti Fantastico De Luxe yang memungkinkan Anda untuk menginstal aplikasi seperti WordPress ke situs web Anda dengan mengklik tombol sehingga Anda dapat menjalankan blog WordPress dari setiap domain Anda.


Tidak selalu layanan web hosting paling mahal yang terbaik untuk Anda. Informasi di atas umumnya adalah apa yang perlu Anda ketahui ketika menemukan cara memilih layanan untuk kebutuhan Anda. Saat melakukan penelitian host web Anda, pastikan Anda mendapatkan apa yang Anda inginkan dan Anda dapat memperluas situs web Anda di kemudian hari.


Komentar