Mana yang Harus Dipilih? Hosting Berbayar atau Gratis


Dalam industri web hosting yang sangat besar, ada banyak jenis hosting yang tersedia bagi seseorang yang ingin membangun sebuah situs web. Mengetahui berapa banyak jenis hosting yang tersedia bagi mereka tentu akan membantu mereka dalam menentukan pilihan. Alih-alih membebani pikiran Anda dengan semua jenis hosting di luar sana, Anda harus mulai dengan dasar-dasarnya. Sebenarnya, ada dua jenis hosting dasar yang dapat Anda gunakan. Ini adalah hosting berbayar atau layanan hosting gratis. Bukan suatu keharusan bagi Anda untuk mengeluarkan uang untuk memiliki situs web. Ada opsi gratis di luar sana yang dapat Anda gunakan tetapi Anda perlu mengetahui detail tentang jenis layanan hosting ini sebelum Anda memutuskan.



Untuk menentukan jenis hosting mana yang akan digunakan, Anda harus menentukan tujuan situs web Anda terlebih dahulu. Tujuan yang berbeda di internet akan membutuhkan jenis paket hosting yang berbeda. Jika Anda hanya ingin membangun situs untuk berbagi foto dan artikel pribadi Anda, layanan web hosting gratis akan dapat melakukan pekerjaan untuk Anda. Tetapi jika alasan Anda memulai sebuah situs web adalah untuk menjalankan bisnis online, Anda mungkin memerlukan sesuatu yang lebih dari layanan hosting gratis. Jadi, jenis hosting akan tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan dengan situs web Anda.


Anda juga harus memikirkan konten yang akan Anda masukkan ke dalam situs web Anda. Apakah Anda akan memasukkan banyak gambar? Apakah itu akan menjadi satu halaman atau situs web multi-halaman dengan banyak fitur yang membutuhkan desain halaman web dinamis? Semua ini akan menentukan berapa banyak ruang penyimpanan yang Anda perlukan agar Anda dapat memasukkan konten tersebut ke dalam situs web Anda. Jika Anda hanya berencana untuk mengunggah dokumen teks dan gambar, ruang disk yang Anda butuhkan mungkin tidak banyak.


Bagi pengguna yang memiliki rencana seperti yang kami sebutkan di atas, layanan web hosting gratis akan cukup baik bagi mereka untuk mengaktifkan dan menjalankan situs web mereka tanpa masalah. Ada banyak penyedia hosting gratis di luar sana yang menyediakan alat yang luar biasa bagi pendatang baru untuk membuat situs web mereka bahkan jika mereka tidak memiliki pengetahuan tentang desain web. Mereka datang dalam templat yang telah dirancang sebelumnya di mana pengguna dapat memilih dan cukup memasukkan konten mereka dengan mengikuti instruksi sederhana. Beberapa penyedia layanan juga mengizinkan pemrograman HTML juga. Jenis layanan ini sering digunakan oleh individu sebagai kurva pembelajaran sebelum mereka maju dan menempatkan tangan mereka pada layanan hosting berbayar.


Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan web hosting gratis, Anda perlu mempertimbangkan batasannya. Apakah sumber dayanya cukup untuk Anda gunakan? Akan ada beberapa kekurangan yang harus Anda tanggung dengan layanan gratis. Pertama, Anda hanya akan mendapatkan kontrol terbatas atas akun hosting Anda. Juga akan ada iklan yang ditampilkan di situs web Anda yang mempromosikan produk dan layanan orang lain. Anda juga tidak akan mendapatkan banyak bandwidth dan ruang disk. Ketika Anda membutuhkan dukungan atau bantuan, Anda akan menemukan bahwa dukungan teknis mereka tidak membantu karena sangat sulit untuk menghubungi mereka.


Anda tidak perlu mengalami hal ini jika Anda menggunakan layanan hosting berbayar karena Anda akan mendapatkan banyak sumber daya serta kontrol atas akun hosting Anda. Namun demikian, jenis hosting yang Anda pilih akan bergantung sepenuhnya pada apa yang ingin Anda lakukan secara online. Oleh karena itu, pilihan mereka akan bervariasi dari satu individu ke individu lainnya.



Komentar